Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » BNPT Gelar Pelatihan Cegah Terorisme
54Anti-Terrorism-Day-Desktop-Wallpaper-Free-Download1

BNPT Gelar Pelatihan Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan pelatihan bagi pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Medan, dari Selasa (28/5) sampai Jumat (31/5) mendatang.

Rencananya pelatihan itu akan dibuka oleh Kepala BNPT Irjen Pol (Purn) H Ansyaad Mbai yang diikuti 100 pengurus dari 10 FKPT regional Indonesia Barat dari Sumatera dan sebagian Jawa.

BNPT dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin menyebutkan FKPT dibentuk BNPT guna mensinergikan upaya pencegahan terorisme di daerah dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dan pemerintah daerah berbasiskan penerapan nilai kearifan lokal.

Para pengurus FKPT terdiri atas para tokoh masyarakat, akademisi, tokoh adat, tokoh ormas, tokoh media, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan unsur pemerintah daerah.

Dasar pembentukan FKPT yakni Peraturan Presiden No. 46 tahun 2010 sebagaimana telah direvisi melalui Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2012 tentang Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme di Daerah.

Dalam menjalankan tugasnya untuk mencegah terorisme di Wilayah NKRI, maka FKPT bersifat koordinatif dan nonpartisan, serta berperan sebagai perpanjangan tangan dari BNPT dan pemerintah daerah.

Sejak pertama kali didirikan tahun 2012 hingga Mei 2013, FKPT telah terbentuk di 20 provinsi. Sebanyak 15 FKPT dibentuk di 2012 yakni Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku.

Sedangkan lima FKPT dibentuk pada 2013 yakni DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Ke depan, rencananya forum ini akan ada di setiap provinsi. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan dibentuk di tingkat Kabupaten atau Kota.

Tentang fkptsulsel